Produk Rumah Tenun Indigo Ikat Langa Tampil Pada Fashion Internasional 2019 di Eropa

0

Bajawa. Setelah sebelumnya, kita khususnya masyarakat Kabupaten Ngada dan pada umumnya masyarakat Propinsi Nusa Tenggara Timur dibuat bangga oleh kabar tentang Tenun Indigo Ikat Langa produksi para pengerajin Desa Beja – Langa, Kabupaten Ngada, Flores, NTT yang tampil pada panggung pagelaran busana dengan tema ‘Urban TransforMANU by Live in ManuManu’ di panggung ARCHIPELAGO X by KOPPIKON pada ajang Indonesia Fashion Week 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta pada tahun 2018 lalu yang berkolaborasi dengan desaigner Sofia Sari Dewi lewat Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, kini berita yang lebih membanggakan kita semua datang lagi dari Tenun Indigo Ikat Langa.

Foto. Dok

Tahun ini Tenun Indigo Ikat Langa akan kembali tampil pada ajang fashion internasional dengan menampilkan tenunan pewarna alam pada pameran di Eropa yang akan berlangsung pada tanggal 28 Februari 2019 dan tanggal 3 Maret 2019 yang berkolaborasi dengan desaigner Dian Oerip.

Pada pameran di Eropa kali ini desaigner Dian Oerip kembali mengangkat tema motif kuda dengan warna yang akan ditonjolkan adalah Blue Deep Sea dan Red Sapan.

Foto. Dok

Menurut Dian Oerip, Tenun Indigo Ikat Langa yang menggunakan pewarna alam diikut sertakan pada ajang fashion internasional di Eropa karena tenun ikat Bajawa memiliki karakter pewarna alam biru yang kuat dengan motif yang sederhana namun berkelas. Menurutnya, hasil tenunan setiap daerah di NTT memiliki karakter berbeda – beda yang menjadi kekhasannya sehingga akan memperkaya Wastra Nusantara. Dikutip dari postingan facebook Dian mengatakan, “Bajawa tidak hanya terkenal akan kopinya tetapi keindahan tenunnya dengan warna alam indigo tak kalah cantik dengan tenun yg lainnya.. Indonesia kaya akan wastra nusantara”.

Dian berharap tenunan Bajawa juga bisa mengikuti tenunan di beberapa daerah Flores lainnya yang diminati pecinta tenun ikat internasional, seperti tenun Sikka, Ende dan Lembata yang sudah sering dipromosikan.

Foto. Dok

Dikonfirmasi via WhatsApp, Ivan Botha selaku Kepala Bagian Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada membenarkan kabar ini, “Ya, benar, tenunan Bajawa yang dihasilkan oleh mama – mama dari Rumah Tenun Indigo Ikat Langa ini memang yang akan ditonjolkan oleh Dian ke Eropa”, kata Ivan.
Foto. Dok

Leave A Reply

Your email address will not be published.