Pokdarwis Ngadha Gedha Kampung Bajawa Dibentuk

0
Warga kampung Bajawa dalam kegiatan pembentukan Pokdarwis.
Foto. Dok

Bajawa. Selasa 25/02/2019 Kadis Parbud Kab. Ngada Todis Reo membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gadha Gheda di Kampung Bajawa yang dihadiri oleh beberapa tetua dan tokoh milenial Kampung Bajawa – Kelurahan Bajawa – Kecamatan Bajawa. Terbentuknya Pokdarwis ini terdorong oleh tekad para kaum milenial di Kampung Bajawa untuk mengembangkan bukit Wolongadha untuk menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Bajawa.

Pembukaan jalur trakking menuju puncak bukit Wolongadha akan menjadi target kerja pertama kelompok, hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Kelompok, Santo Pea disela-sela kegiatan pembentukan Pokdarwis Wolongadha, “Rencana Kerja pertama yang akan dilakukan oleh kelompok ini adalah pembukaan jalur trakking menuju bukit Wolongadha, oleh karna itu dalam waktu dekat ini anggota kelompok akan menaiki bukit guna menelusuri jejak-jejak budaya dan sejarah di zaman Belanda dan Jepang yang akan dijadikan titik perhentian ketika para wisatawan menaiki bukit Wolongadha”.

Tokoh milenial kampung Bajawa yang mengambil bagian sebagai pengurus Pokdarwis Ngadha Gedha.
Foto. Dok

Selain itu, Santo menggambarkan beberapa potensi budaya yang ada di Kampung Bajawa yang dapat dikembangkan guna mendukung sektor pariwisata, seperti, pembangunan museum budaya Ngada dengan memanfaatkan situs Swapraja sebagai museum. Adapun para perajin lokal yang keahliannya bisa dibedayakan lagi, seperti pembuatan alat musik gong gendang, kelompok seni tari dan permainan rakyat.

Situs budaya kampung Bajawa.
Foto. Dok

Dalam kesempatan ini, Santo menyampaikan harapannya agar dalam upaya pengembangan potensi pariwisata dan budaya di kampung Bajawa, Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selalu hadir sebagai fasilitator dan pendamping.

Potensi wisata bukit Wolongadha yang akan dikelola menjadi destinasi wisata baru di kampung Bajawa, antara lain wisata trakking, homestay, dll.
Foto. Dok

Leave A Reply

Your email address will not be published.