Kembangkan Kesenian dan Budaya Daerah Disparbud Ngada Adakan Pelatihan Seniman Daerah

Program Kegiatan Pengembangan Kesenian dan Budaya Daerah-Pelatihan Seniman Daerah Tingkat Kabupaten Ngada

0

VISITNGADA. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Ngada adakan Program Kegiatan Pengembangan Kesenian dan Budaya Daerah-Pelatihan Seniman Daerah Tingkat Kabupaten Ngada. Program kegiatan yang diselenggarakan pada hari senin tanggal 22/04/2019 ini terdiri dari dua pelatihan, yaitu pelatihan seniman musik dan tarian daerah.

Peserta pelatihan seniman daerah tingkat Kabupaten Ngada. (foto. Dok)

Kedua pelatihan ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya melestarikan kekayaan seni yang ada di Ngada. Kepala Disparbud Kabupaten Ngada, Todis Reo, Senin 22 April 2019 menjelaskan, “Program kegiatan ini merupakan upaya dari Bidang Kebudayaan Disparbud Ngada dalam rangka melestarikan kekayaan warisan leluhur dalam bidang seni musik dan tari. Program kegiatan ini akan diupayakan untuk diselenggarakan setiap tahun.

Peserta pelatihan seni musik. Lokasi: hotel nusantara I. (foto. Dok)
Peserta pelatihan seni musik sedang memainkan alat musik lokal. (foto. Dok)

Menurut Todis, menjaga kelestarian budaya daerah merupakan implementasi Peraturan Pemerintah (PP) No.5 tahun 2017, tentang Pemajuan Pembangunan di Bidang Kebudayaan. “Untuk itu kami berharap, para peserta dapat mengembangkan hasil pembinaan dan pelatihan tari serta musik di wilayah desa masing-masing, sehingga generasi penerus tidak lupa akan akar budaya seni yang ada di Ngada” imbuhnya.

Tujuan pelaksanaan program kegiatan ini juga untuk menggali dan melestarikan potensi seni musik dan tari daerah. Lalu sebagai upaya meningkatkan kreativitas seniman/seniwati, pemuda/pemudi terhadap dunia seni di Ngada.

Pelatihan seni tari. Lokasi: Gedung Seni Pertunjukan di eks pasar inpres Bajawa. (foto. Dok)

Peserta pelatihan ini terdiri dari para guru kesenian serta para ketua sanggar yang ada dibeberapa wilayah Ngada. Sedangkan instruktur yang didatangkan adalah para Dosen Seni Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia yogyakarta, yaitu Drs. Yohanes Subawa,M.Sn, Dra. Setyastuti,M.Sn dan DR. Darmawan Dadijono, M.Sn.

Leave A Reply

Your email address will not be published.